COBA JELAJAHI INDAHNYA BUDAYAKU

  • Jawa Timur

    Jawa Timur.... Kalian pasti udah kenal banget sama Propinsi yang satu ini. Bukan hanya sekedar kenal tapi kalian juga harus tau sejarah asal usul darn seluk beluk dari Jawa Timur itu sendiri ...

  • Budaya

    Budaya... Karakter atau ciri khas tersendiri suatu daerah, bisa mulai dari bahasa kesenian tradisional, musik tradisional, makanan khas, dan tempat-tempat wisata pada wilyah itu

  • Kuliner.

    Kalau udah ngomongin kuliner Jawa Timur mungkin gak bakal ada habisnya, karena selain banyak macamnya tapi juga enak-enak. Mau tahu apa aja kuliner Jawa Timur? ayo muter-muter di Blog ini...

  • Nyanyian Budaya

    Serentak gerakan dalam irama, Menggiring dalam cerita budaya negri, Indah terasa, Bangga Menerpa, Terlukis keelokan budaya, Terpadu rapi, Warna-warni gerakan, Selaraskan nada-nada, Serentak hentakan kaki, Gemulai tangan, Lambang indahnya budaya negeri

Previous Next

Tempat-Tempat Wisata di Jawa Timur

Posted by X-Sotic or Gosong are same On - - 1 komentar


Kabupaten Bangkalan
·         Pantai Rongkang
·         Pantai Sambilangan
·         Bukit Geger
·         Kuburan Aermata
·         Pantai Siring Kemuning di desa Macajah, Tanjungbumi
·         Goa Alami Jl. Taman Indah di desa Macajah, Tanjungbumi
·         Taman Indah kmp. Guwah desa Macajah
·         Batik Telaga Biru
·         Perahu Peninggalan Saichona Moh. Chollil di desa Telaga Biru, Tanjungbumi
Kabupaten Banyuwangi
·         Kawah Ijen
·         Taman Nasional Alas Purwo
·         Kawah Ijen
·         Pantai Grajagan
·         Pantai Plengkung
·         Pantai Rajegwesi
·         Pantai Sukamade
·         Pantai Trianggulasi
·         Pantai Blimbingsari
·         Pulau Merah
·         Watu Dodol
·         Taman Nasional Baluran
·         Telaga Umbul Pule
·         Air Terjun Lider
·         Kali Klatak
·         Kolam Renang Jatisrono
·         Gumuk Kancil
·         Air Terjun Wonorejo
·         Perkebunan dan Air Terjun Kalibendo
·         Pemandian Taman Suruh
·         Mirah Fantasia Waterboom dan Istana Burung
·         Alam Indah Lestari (AIL) Rogojampi
·         Taman Wisata Pancoran Rogojampi
·         Desa Wisata Osing
·         Pantai Bedul
Kabupaten Bojonegoro
·         Kahyangan Api
Merupakan sumber api alam yang menyala sepanjang tahun. dan terletak pada posisi yang sangat strategis yaitu dikelilingi oleh hutan-hutan yang dilindungi dan bebas dari pencemaran polusi. selain sumber api abadi di kahyangan api juga terdapat mata air yang konon dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Anehnya air ini dari jauh berbau buuk tetapi setelah mendekat baunya itu hilang dan dari jauh air ini kelihatang seperti air mendidih tetapi kalau kita sudah mengambilnya maka air tersebut terasa dingin dan sejuk. Konon, menurut suatu cerita rakyat, keampuhan lokasi Kahyangan Api telah dirasakan semenjak pemerintah Maha Prabu Angling Dharma (Sri Aji Dharma) dari Malawapati, yang melatih para prajurit Malawapati di lokasi Kahyangan Api tersebut. Bahkan, ada beberapa pusaka Malawapati yang ditempa di Kahyangan Api, termasuk pusaka-pusaka andalan Kerajaan Malawapati dan Kerajaan Bojonegoro pada zaman Hindu madya di masa silam. Meskipun benar tidaknya cerita tersebut belum diketahui secara pasti, Serat Astra Dharma yang saat ini tersimpan di salah satu museum terkenal di Belanda, dapat menjelaskan bahwa hal tersebut benar-benar nyata. Serat yang ditulis pada masa Raja Astra Dharma alias Prabu Purusangkana, ayah kandung Prabu Angling Dharma (putera Prabu Kijing Wahana, suami Dewi Pramesthi) yang legendaris tersebut. Apabila Serat Astra Dharma tersebut dapat dikembalikan ke Indonesia, dapat diketahui dengan pasti bagaimana silsilah raja-raja Malawapati, Yawastina, dan Mamenang yang bersumber dari satu asal yaitu Prabu Parikesit, raja Hastinapura dari India.
·         Waduk Pacal
waduk pacal yaitu merupakan salah satu tempat wisata yang ada di bojonegoro, wisata ini menyuguhkan lingkungan alam yang sangat mempesona karena di kelilingi oleh bukit-bukit yang sangat indah.
·         Wana Wisata Dander
keunggulan dari wisata ini yaitu tempat yang sangat luas dan dilengkapi dengan padang golf, wisata ini sangat cocok untuk anak-anak karena selain padang golf, disana juga terdapat berbagai macam permainan anak-anak, seperti taman bermain, kolam untuk mandi bola, kolam renang dan sungai yang sangat jernih dengan keadaan sekelilingnya yang sejuk dan tentu saja bebas dari polusi.
Kabupaten Bondowoso
·         Kawasan Wisata Terpadu Kawah Ijen di Kecamatan Sempol dan Sumberwringin, dengan obyek wisata :
a.       Wisata Kawah Ijen, Kawah Telaga Weru dan Kawah Wurung
b.      Wisata Air Terjun Blawan dan Gua Stalagtit
c.       Wisata Pemandian Air Panas Blawan dan Pemandian Damarwulan
d.      Wisata Agro Kopi Kalisat
e.      Wisata Air Terjun Puloagung – Sukorejo

·         Kawasan Wisata Terpadu Lereng Argopuro di Kecamatan Pakem, dengan obyek wisata :
a.       Wisata Agro Pusat Penelitian Kopi dan Kakao
b.      Wisata Air Terjun Tancak Kembar
c.       Wisata Pendakian Pegunungan Hyang (Gunung Argopuro)
·         Kawasan Wisata Pemandangan Arak-arak di Kecamatan Wringin.
·         Kawasan Wisata Pendakian Gunung Raung di Kecamatan Sumberwringin.
·         Kawasan Wisata Panjat Tebing Alam Patirana di Kecamatan Grujugan.
·         Kawasan Wisata Pemandian Tasnan di Kecamatan Grujugan.
·         Kawasan Wisata Sejarah Sarkopage di Kecamatan Grujugan, Maesan, Wringin, Tegalampel, Bondowoso, Wonosari, Tamanan, Jambesari Darussholah, Prajekan, Tlogosari dan Sempol.
·         Kawasan Wisata Rekreasi Alun-alun Bondowoso.
·         Kawasan Wisata Ziarah Makam Ki Ronggo di Kecamatan Tegalampel.
·         Kawasan Wisata Budaya Pedepokan Gema Buana di Kecamatan Prajekan.
·         Kawasan Wisata Kerajinan Kuningan Cindogo di Kecamatan Tapen.
·         Kawasan Wisata Bendung Sampean Baru di Kecamatan Tapen.
·         Kawasan Wisata Budaya Upacara Adat Desa Blimbing di Kecamatan Klabang.
·         Kawasan Wisata Arung Jeram Bosamba di Kecamatan Taman Krocok dan Tapen.
·         kawasan wisata aduan sapi yang ada di kecamatan tapen Dalam mendukung pariwisata, di Kabupaten Bondowoso juga disediakan sarana akomodasi penginapan yang memadai bagi wisatawan. Pada tahun 2008 ini jumlah hotel di Kabupaten Bondowoso terdiri dari 11 hotel. Satu hotel bintang 3 yaitu Hotel Ijen View di Jalan KIS Mangunsarkoro. Sedangkan lainnya yaitu hotel melati. Enam hotel di Kota Bondowoso yaitu Palm, Anugerah, Baru, Slamet, Kinanti dan Grand serta 4 hotel di luar Kota Bondowoso yaitu Arabica, Catimore, Jampit, dan Wisata Asri.
Kabupaten Gresik
·         Makam Maulana Malik Ibrahim (di Gapuro)
·         Makam Sunan Giri (di desa Giri)
·         Makam Sunan Prapen (Cucu Sunan Giri) di desa Klangonan
·         Makam Fatimah binti Maimun
·         Makam Kanjeng Sepuh dan Petilasan sunan kalijaga di Kawasan Gunung Surowiti kecamatan Panceng di Kabupaten Gresik
·         Pulau Bawean merupakan tujuan wisata bahari, yang terdapat suaka alam dan suaka margasatwa, wisata pantai "pasir putih" yang berada di desa dalegan kecamatan Panceng
·         Muara Bengawan Solo
Kabupaten Jember
·         Pantai Watu Ulo di terletak sekitar 25 Km dari Kecamatan Ambulu dan pada saat hari-hari libur biasanya banyak anak-anak muda dan rombongan keluarga yang pergi kesana untuk berlibur, apalagi saat hari-hari besar dan hari raya. Mereka biasanya pergi ke sana bersama-sama dengan keluarga mereka masing-masing menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Pantai Watu Ulo memiliki panorama yang mempesona menghadap lautan Indonesia dengan deretan batu karang menyerupai ular.
·         Pantai Tanjung Papuma dengan pesona pasir putihnya dan Wisata Sejarah berupa peninggalan Gua Jepang. Pantai ini dikenal juga dengan nama Pantai Pasir Putih Malikan. Dinamakan Papuma karena pantai ini berpasir putih dengan hamparan batu-batu yang bila diterjang ombak lalu saling terberai membalik.  Pantai papuma adalah pantai yang sangat eksotik bila dibandingkan dengan pantai pantai yang ada di Jawa Timur, karena memiliki keindahan pantai dan laut yang menawan dengan pantai yang hijau kebiruan menjadikan tempat wisata ini banyak dikunjungi baik dari warga Jember sendiri juga dari kabupaten lain.
·         Pantai Puger yang terletak 15 Km dari Kecamatan Ambulu. Tempat wisata ini juga banyak dikunjungi oleh banyak orang dan paling banyak adalah anak-anak muda untuh menghibur diri. Pantai Puger juga menjadi surga bagi orang yang suka memancing. Di pantai ini juga terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan) yang menjual ikan hasil tangkapan nelayan. Di sekitar Pantai Puger juga terdapat Cagar Alam Puger Watangan dengan pesona sumber air Kucur. Pantai Puger juga merupakan gerbang keluar menuju Cagar Alam Pulau Nusa Barong.
·         Pantai Paseban di daerah Kencong. Di pantai ini wisatawan dapat menikmati mandi laut mengingat ombaknya yang tenang dan landai nan teratur sehingga tidak membahayakan.
·         Pantai Bandealit di wilayah Taman Nasional Meru Betiri yang secara administratif masuk kedalam wilayah Kecamatan Tempurejo. Pantai ini berdekatan dengai Pantai Sukamade yang merupakan tempat penetasan telur penyu.
·         Pemandian Patemon yang berada di wilayah Kecamatan Tanggul. Di pemandian Patemon udaranya sangat sejuk karena terletak di daerah pegunungan dan air yang mengalir di pemandian tersebut adalah air yang berasal dari sumber mata air pegunungan, jadi airnya sangat dingin. Pada hari-hari libur khususnya hari Minggu dan hari libur nasional banyak orang berkunjung, mulai dari anak-anak, anak muda, sampai pada orang tua. Pemandian ini menjadi semakin menarik dengan ditambahnya satu kolam renang baru dan wahana waterboom. Selain itu tempat-tempat yang ada di sekitar kolam renang telah diperbaiki sehingga semakin menarik untuk dikunjungi.
·         Pemandian Rembangan yang terletak di salah satu puncak gunung, memiliki daya tarik pemandangan, pemandian, hotel, dan wisata agro berupa perkebunan kopi milik PTP Nusantara XII dan peternakan sapi perah, di mana Anda bisa melihat proses pemerahan susu sapi dan membeli susu sapi segar literan. Di Rembangan, Anda bisa melihat kota Jember & sekitarnya dari atas. Dan, pada waktu malam, pemandangan lampu kota sangat mengesankan. Di sini suhunya sangat sejuk & udaranya sangat bersih & segar, sangat baik untuk tubuh Anda.
·         Air Terjun Tancak yang terletak di Perkebunan Gunung Pasang - Kecamatan Panti.
·         Air Terjun Antrokan di wilayah Kecamatan Tanggul.
·         Wisata Loko di lahan PG Semboro yang menawarkan keindahan pemandangan alam perkebunan tebu, jeruk, rambutan dan salak yang berada di sepanjang perjalanan selama 3 jam dengan menggunakan lokomotif uap.
·         Wisata Lori di daerah Garahan yang menyajikan dua buah terowongan Kereta Api (90 m dan 970 m) yang merupakan terowongan Kereta Api terpanjang di Indonesia. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati wisata agro Gunung Gumitir.
·         Taman Botani di wilayah Kecamatan Sukorambi yang mulai dibuka tahun 2007.
·         Niagara Water park [Ambulu, Jember]
·         Dira I Swalayan, Fashion and Swiming Pool. [Ambulu, Jember]
·         Surya Tirta, Fitnes Centre and Swimming Pool. [Ambulu, Jember]
Kabupaten Jombang
·         Pemandian Sumberboto di Mojowarno
·         Candi Arimbi di Bareng
·         Sendang Made di Megaluh
·         Perkebunan teh, cengkeh serta durian di Wonosalam
·         Air terjun Tretes di Wonosalam
·         Makam Gus Dur (KH. Abdurrahman Wahid), KH. Wahid Hasyim dan KH. Hasyim Asyari di Tebuireng, Diwek
·         Gereja tertua di Jawa Timur yaitu GKJW Mojowarno
·         Tirta Wisata yang terletak di wilayah Peterongan
Kabupaten Kediri
·         Gunung Kelud di Ngancar, Gua Maria Pohsarang di Semen
·         Candi Tegowangi di Pare
·         etilasan Sri Aji Jayabaya di Desa Menang Kecamatan Pagu yang dulunya merupakan tempat dimana raga Raja Jayabaya hilang (muksa) dan yang tertinggal hanyalah pakaiannya.
Kabupaten Lamongan
·         Monumen Van der Wijck
·         Waduk Gondang
·         Wisata Bahari Lamongan Tanjung Kodok kini bertrade mark baru Wisata Bahari Lamongan WBL Tanjung Kodok atau Jatim Park II. Obyek wisata alam pantai berbatu cadas mirip kodak itu dulu tanggal 11 Juni 1983 dijadikan lokasi penelitian gejala astronomi gerhana matahari total oleh NASA Arnerika Serikat. Kini dilokasi .itu dibangun secara besar-besaran dan profesional dengan studi perpaduan konsep Wisata Bahari Ancol Jakarta, Singapura dan pantai Jepang.
·         Gua Maharani terletak di Kecamatan Paciran, di tepi jalur utama pantura (jalan Raya Daendels dengan sebutan jalan Anyer - Panarukan), merupakan gua kapur yang sangat indah.
·         Makam Sunan Drajat dan Makam Sunan Sendang Duwur, yakni penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Kedua makam tersebut memiliki arsitektur yang sangat dipengaruhi oleh Majapahit
·         Museum Sunan Drajat
·         Jatim Park Batu
·         Sentra kerajinan emas, batik tulis dan bordir.
Kabupaten Madiun
·         Waduk Bening Widas
·         Wana Wisata Grape
·         Monumen Kresek
·         Makam & Masjid Kuno Taman
·         Makan & Masjid Kuno Kuncen
·         Masjid Kuno Sewulan
·         Taman Rekreasi Umbul
·         Air Terjun Seweru / Serondo
·         Peninggalan Situs Nglambangan
·         Waduk Notopuro
·         Waduk Kedungbrubus
·         Alun-alun Madiun
·         Dungus
·         THR
·         Waduk Dawuhan
·         Piranha Swimming Club
·         Kabupaten Magetan
·         Telaga Sarangan
·         kerajinan gamelan patihan karangrejo
·         Telaga Wahyu
·         Candi Sadon
·         Candi Simbatan (Beji)
·         Puncak Lawu
·         Air Terjun Pundak Kiwo
·         Air Terjun Tirtasari
·         Sentra Perkebunan Pamelo
·         Sentra Kerajinan Kulit Magetan
·         Sentra Kerajinan Anyaman Bambu Ringin Agung
·         Sentra Ayam Panggang Gandu
·         Senta Industi Batik Sidomukti
·         Argo Dumilah
·         Taman Ria Maospati
·         Manunggal
·         Pemandian Dewi Sri
·         Gerbang Kadipaten Purwodadi
·         Cemorosewu
·         Mojosemi Camping Ground
·         Sumber Clelek Driyorejo
Kabupaten Malang
·         Gunung Kawi, terletak di wilayah Kecamatan Wonosari. Terkenal sebagai tempat wisata spiritual.
·         Gunung Arjuno-Welirang, sering dipakai untuk pendakian dengan rute Junggo, Cangar, Singosari, Lawang, Purwosari, atau Pandaan.
·         Bromo lewat Desa Tumpang (Kecamatan Tumpang), Desa Gubuk Klakah - Kecamatan Poncokusumo.
·         Gunung Semeru lewat desa Ngadas kecamatan Poncokusumo
·         Gunung Anjasmoro lewat Kecamatan Pujon
·         Waduk Selorejo, terletak di Kecamatan Ngantang (di tepi jalan raya Malang-Kediri)
·         Kasembon Rafting, merupakan obyek wisata bagi pencinta olahraga arung jeram, terletak di Kasembon (70 km barat kota Malang).
·         Bendungan Sutami, terletak di Kecamatan Sumberpucung.
·         Bendungan Lahor,terletak di sebelah barat Bendungan Ir.Sutami (Sumberpucung,kab.Malang)
·         Taman Ria Sengkaling, terletak di tepi jalan raya Malang-Batu, terdapat kolam renang dan taman bermain.
·         Wendit Water Park, terletak di jalan raya Mangliawan Pakis. Sebuah tempat wisata yang baru saja di renovasi. Obyek wisata ini terkenal dengan sumber airnya dan kera-nya.
·         Pemandian Umbulan,merupakan pemandian bernuansa pegunungan terletak di Kecamatan Dampit tepatnya di Desa Ubalan 2 Km dari pusat kota.
·         Pemandian Dewi Sri, terletak di Kecamatan Pujon, menyajikan wisata pemandian air pegunungan. Wisata ini berada di dekat Pasar Pujon sebagai sentra pemasaran buah dan sayur mayur (Terminal Agribisnis Mantung).
·         Pemandian Ken Dedes, terletak di Kecamatan Singosari
·         Pemandian air panas Cangar,menyajikan kolam renang air panas di tengah hutan dan puncak gunung Arjuna. Kolam cukup luas, dan pemandangan menarik (banyak kera bergelayutan di dahan pohon hutan)
·         Air terjun Coban Rondo, terletak di Kecamatan Pujon.
·         Air terjun Parang Teja di Desa Gading Kulon kecamatan Dau
·         Air terjun Coban Pelangi, terletak di Kecamatan Poncokusumo.
·         Air terjun Coban Glothak, terletak di Kecamatan Wagir.
·         Candi Singosari dan arca Dwarapala, terletak di Kecamatan Singosari,
·         Candi Jago (Jayaghu) di Kecamatan Tumpang, merupakan makam Ranggawuni
·         Candi Kidal di kecamatan Tumpang, merupakan makam Anusapati, perlu diketahui dimana semua candi di kabupaten Malang sebagian besar adalah peninggalan sejarah kerajaan Singhasari, kecuali beberapa situs purbakala di sekitar wilayah Dau, Wagir dan Turen merupakan peninggalan kerajaan Kanjuruhan.
·         Pantai Modangan (70 km dari Kota Malang), Pantai Ngliyep (62 km dari Kota Malang), Pantai Jonggring Saloko (69 km dari Kota Malang), Pantai Kondang Bandung, Pantai Kondang Iwak, Pantai Bantol, Pantai Nglurung, Pantai Ngebros di Donomulyo
·         Pantai Bajul Mati (58 km dari Kota Malang), Pantai Wonogoro (55 km dari Kota Malang), Pantai Nganteb di Gedangan
·         Pantai Balekambang (57 km dari Kota Malang), Pantai Kondang Merak (59 km dari Kota Malang), Pantai Kipas di Bantur
·         Pantai Tamban (68 km dari Kota Malang), Pantai Rawa Indah, Pantai Tambak Asri (60 km dari Kota Malang), Pantai Sendangbiru (Segoro Anakan) (69 km dari Kota Malang) di Sumbermanjing Wetan
·         Pantai Sipelot, Pantai Lenggoksono, Pantai Tanger (70 km dari Kota Malang) di Tirtoyudo
·         Pantai Licin (64 km dari Kota Malang) di Ampelgading
·         Kebun Teh PTPN Wonosari di kecamatan Lawang, terdapat agrowisata serta cottage yang dapat disewa jika ingin berlibur.
·         Wisata petik jeruk, di desa Selorejo kecamatan Dau
·         PWEC (Petungsewu Wildlife Ecosystem Conservation) di desa Petungsewu Dau
·         Wisata durian, disepanjang jalan raya Ngantang - Kasembon tepatnya di desa Pait.
Kabupaten Mojokerto
·         Candi-candi peninggalan Kerajaan Majapahit di Kecamatan Trowulan
·         Makam raja-raja Majapahit di Kecamatan Trowulan
·         Pendopo Agung yang diperkirakan berada tepat di pusat istana Majapahit di Kecamatan Trowulan
·         Wisata Arung Jeram dan Lokasi Outbound Training OBECH Wilderness Experience, Pemandian Air Panas di Pacet
·         Vila-vila peristirahatan di Trawas.
Kabupaten Ngawi
·         Pemandian Tawun
·         Waduk Pondok
·         Air terjun Srambang
·         Kebun Teh Jamus yang berhawa sejuk dan terdapat Kolam Pemandian di sekitar Perkebunan Teh tersebut. Perkebunan Teh ini terletak di Kecamatan Sine, Selain Kebun Teh Jamus di Kec. Sine, selain teh di kecamatan sine
·         Perkebunan karet yang dikelola oleh PTP XXIII Tretes
·         Bendungan Ndorjo yang lokasinya di Desa hargosari Dsn. Gondorejo
·         situs purbakala Trinil yang menyimpan fosil pithecanthropus erectus (Manusia kera berjalan tegak) pertama kali di temukan oleh arkeolog Belanda bernama Eugene Dubois.
·         Gunung Liliran merupakan objek wisata ziarah yang terkenal bagi masyarakat Jawa. Pada bulan Muharam (Syura) para peziarah berdatangan ke puncak bukit pada siang dan malam hari. Sebagian dari mereka bersemadi di beberapa gua atau berziarah ke Makam Joko Buduk. Pemandangan dari puncak bukit memang sangat indah berupa pesawahan dan sungai yang meliuk ke arah utara menuju Bengawan Solo. Sayang hutan di Gunung Liliran tidak indah lagi karena tanaman pinus yang dikelola Perhutani kini banyak ditebangi.
·         Benteng van Den Bosch yang digunakan oleh Belanda sebagai strategi Benteng Steelsel dalam upaya mempersempit ruang gerak Pangeran Diponegoro dalam perang gerilya. Benteng ini sekarang tertutup untuk umum.
Kabupaten Pamekasan
·         Pantai Talang Siring, Kecamatan Montok
·         Pantai Jumiang, Kecamatan Pademawu
·         Pantai Batu Kerbuy
·         Api tak kunjung padam / Jhengkah
·         Makam Batuampar
·         Vihara Avalokitesara
·         Situs Pangeran Rangga Sukawati
·         Candi Burung, Kecamatan Proppo
·         Museum Daerah
·         Pasar Batik Joko Tole
·         Pasar 17 Agustus
·         Monumen Arek Lancor, Pamekasan
·         Monumen Proklamasi, Pamekasan
Kabupaten Pasuruan
·         Taman Safari Indonesia di Prigen
·         Kebun Raya Purwodadi
Kabupaten Ponorogo
·         Grebeg Suro. Dalam rangkaian perayaan Grebeg Suro ini diadakan Kirab Pusaka yang biasa diselenggarakan sehari sebelum tanggal 1 Muharram. Pusaka peninggalan pemimpin Ponorogo zaman dahulu,saat masih dalam masa Kerajaan Wengker, diarak bersama pawai pelajar dan pejabat pemerintahan di Kabupaten Ponorogo, dari makam Batoro Katong (pendiri Ponorogo) di daerah Pasar Pon sebagai kota lama, ke Pendopo Kabupaten. Pada Malam harinya, di alun-alun kota, Festival Reog Nasional memasuki babak final. Esok paginya ada acara Larung Risalah Do'a di Telaga Ngebel, di mana nasi tumpeng dan kepala kerbau dilarung bersama do'a ke tengah-tengah telaga. Perayaan Grebeg Suro ini menjadi salah satu jadwal kalender wisata Jawa Timur. Obyek wisata budaya lainnya, yaitu Taman Rekreasi Singo Pitu, Pentas Wayang Kulit dan Reog Bulan Purnama.
·         Telaga Ngebel adalah sebuah danau alami yang terletak di Kecamatan Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Kecamatan Ngebel terletak di lereng gunung Wilis. Telaga Ngebel terletak sekitar 30 km dari pusat kota Ponorogo dengan ketinggian 734 meter di atas permukaan laut. Keliling dari Telaga Ngebel sekitar 5 km dan suhu di telaga ini berkisar antara 20 - 26 derajat celcius.
·         Taman Wisata Ngembag adalah taman wisata yang terletak di Kelurahan Ronowijayan, Kecamatan Siman sekitar 3 km di sebelah timur dari pusat kota Ponorogo. Taman ini terdiri dari sumber air yang dilengkapi dengan taman bermain dan kolam renang anak. Sebelumnya Ngembag dikenal sebagai mata air yang tak terawat. Kemudian oleh Pemkab Ponorogo diubah sebagai taman kota yang dilengkapi dengan kolam renang anak dan juga beberapa permainan anak-anak.
·         Air Terjun Pletuk atau juga dikenal dengan nama Coban Temu adalah air terjun yang terletak di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko, sebelah tenggara dari pusat kota Ponorogo atau lebih tepatnya sebelah selatan dari Kecamatan Pulung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 m dan berada di atas ketinggian 450 meter di atas laut. Kawasan ini dikelilingi oleh perbukitan yang menjulang tinggi, dan ditumbuhi sejumlah tanaman.
·         Gunung Bayangkaki adalah gunung yang tak aktif yang terletak di Ponorogo Jawa Timur, tepatnya di Desa Temon, Kecamatan Sawoo. Gunung Bayangkaki memiliki empat puncak, yakni Puncak Ijo (Gunung Ijo), Puncak Tuo (Gunung Tuo), Puncak Tumpak (Puncak Bayangkaki) dan Puncak Gentong (Gunung Gentong). Di balik indahnya alam dan kokohnya batu-batu besar yang menjulang, Bayangkaki memiliki berbagai keunikan dan masih diselimuti dengan mitos yang terus berkembang dalam masyarakat sampai sekarang. Salah satu mitos yang berkembang dalam masyarakat adalah ketika Puncak Gentong sudah terbakar tanpa sebab berarti musim penghujan akan segera tiba.
·         Air terjun Juruk Klenteng atau air terjun Tumpuk adalah air terjun yang terletak di Desa Tumpuk, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Air terjun ini berlokasi di perbatasan Ponorogo dan Trenggalek. Dinamakan air terjun Juruk Klenteng karena tempatnya yang menjuruk kedalam dihimpit dua tebing gunung bebatuan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter ini. Pada ujung bawah air terjun terdapat sendang yang airnya terlihat hijau yang disebut kedung. Menurut mitos, kedung atau lubuk tersebut adalah tembusan ke laut selatan.
·         Gua Lowo terletak di Kecamatan Sampung, sekitar 20 km dari pusat kota Ponorogo. Air terjun ini dinamakan Gua Lowo karena dihuni oleh banyak kelelawar. Kelelawar yang hidup di dalam gua ini bebas dan tidak mengganggu masyarakat setempat. Dalam gua ini juga ditemukan situs arkeologi yang memiliki nilai arkeologis tinggi. Lingkungan sekitar gua ini sangat alami dan dikelilingi oleh pepohonan dan batu-batuan.
·         Hutan wisata Kucur atau taman wisata Kucur adalah hutan wisata yang terletak di Kecamatan Badegan, sekitar 20 km ke barat. Ada sumber air (kucur) di tengah hutan jati yang juga berfungsi sebagai taman nasional dan tempat perkemahan. Selain itu, karena lokasinya yang strategis, yang terletak di antara jalan Jawa Timur dan Jawa Tengah, taman wisata Kucur sering menjadi tempat beristirahat oleh siapa saja yang melakukan perjalanan.
·         Air terjun Toyomerto atau dikenal juga dengan sebutan air terjun Selorejo terletak di Dusun Toyomerto, Desa Pupus, Kecamatan Ngebel, sekitar 35 km dari pusat kota. Akses ke air terjun ini medannya cukup sulit, menanjak penuh kelok dengan kanan kiri tebing curam dan membutuhkan kerja eksta untuk menuju ke sana. Namun hal itu dapat membawa pengalaman yang berbeda bagi para petualang. Air terjun ini terdiri dari 2 tingkat air dalam satu aliran yang jatuh dari tebing batu. Masing-masing tingkatan memiliki ketinggian 25 hingga 30 meter. Untuk tingkat pertama dikenal dengan nama Air Terjun Selorejo Atas dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan tingkat kedua. Untuk tingkat kedua dikenal dengan nama Air Terjun Selorejo Bawah. Pada Selorejo atas dindingnya dapat dipanjat.
·         Makam Bathara Katong di desa Desa Setono Kecamatan Jenangan
·         Makam Gondoloyo di desa Desa Tanjungsari Kecamatan Jenangan
·         Mata Air Sendang Waluyo Jati yang merupakan tempat ibadah penganut Katolik, dengan sebuah Patung Maria di Desa Klepu Kecamatan Sooko
·         Masjid Tegalsari yang dibangun abad XVII oleh Kyai Ageng Hasan Besari, berarsitektur Jawa dengan 36 tiang, serta kitab berusia 400 tahun yang ditulis Ronggo Warsito di Desa Tegalsari Kecamatan Jetis
Kabupaten Sampang
·         Pulau Mandangin
·         Pantai Camplong
·         Kuburan Madegan
·         Waduk Klampis
·         Air terjun Toroan
·         Rimba monyet- Nepa Raden segoro
·         Reruntuhan Pababaran
·         Pemandian Sumber Otok
·         Wisata Alam Goa Lebar
Kabupaten Sumenep
·         Museum Keraton Sumenep merupakan museum yang dikelola oleh pemerintah daerah Sumenep yang didalamnya menyimpan berbagai koleksi benda-benda cagar budaya peninggalan keluarga Karaton Sumenep dan beberapa peninggalan masa kerajaan hindu budha seperti arca Wisnu dan Lingga yang ditemukan di Kecamatan Dunkek, Sumenep. Didalam museum terdapat juga beberapa koleksi pusaka peninggalan Bangsawan Sumenep seperti guci keramik dari Cina dan Kareta My Lord pemberian Kerajaan Inggris kepada Sri Sultan Abdurrahman Pakunataningrat I atas jasanya yang telah banyak membantu Thomas Stamford Raffles salah seorang Gubenur Inggris dalam penelitian yang dilakukannya di Indonesia.
·         Keraton Sumenep merupakan peninggalan pusaka Sumenep yang dibangun oleh Raja/Adipati Sumenep yang ke 31, Panembahan Sumolo Asirudin Pakunataningrat dan diperluas oleh keturunannya yaitu Sri Sultan Abdurrahman Pakunataningrat I. Karaton Sumenep sendiri letaknya tepat berada di depan Museum Karaton Sumenep,
·         Masjid Jamik Sumenep merupakan bangunan yang mempunyai arsitektur yang khas, memadukan berbagai kebudayaan menjadi bentuk yang unik dan megah, dibangun oleh Panembahan Somala Asirudin Pakunataningrat yang memerintah pada tahun 1762-1811 M dengan arsitek berkebangsaan tionghoa "law pia ngho"
·         Kota Tua Kalianget letaknya di sebelah timur kota Sumenep, disini para pengunjung bisa melihat peninggalan-peninggalan Pabrik garam, Arsitektur Kolonial dan beberapa daerah pertahanan yang dibangun Oleh Pemerintahan Kolonial saat menjajah wilayah Sumenep,
·         Rumah Adat Tradisional Madura Tanean Lanjhang , bisa ditemui di beberapa daerah menuju pantai lombang maupun menuju pantai slopeng,
·         Benteng VOC Kalimo'ok di Kalianget.
·         Asta Karang Sabu merupakan kompleks pemakaman keluarga Raja / Adipati Sumenep yang memerintah pada abad 15 yaitu Pangeran Ario kanduruan, Pangeran Lor dan Pangeran Wetan. di daerah karang sabu inilah beliau memimpin pemerintah Sumenep pada saat itu.
·         Kompleks pemakaman Asta Tinggi Sumenep merupakan kompleks pemakaman Raja-Raja Sumenep yang dibangun pada tahun 1644 M. terletak di daerah dataran Tinggi Kebon Agung Sumenep.
·         Asta Yusuf merupakan salah satu makam penyebar agama islam di Pulau Talango, makam tersebut ditemukan oleh Sri Sultan Abdurrahman Pakunataningrat ketika betolak menuju Bali pada tahun 1212 hijriah (1791),
·         Asta Katandur merupakan salah satu makam penyebar agama islam di Sumenep, Pangeran Katandur yang juga salah satu tokoh yang ahli dalam bidang pertanian dan menurut berbagai sumber, Pangeran Katandur juga merupakan pencipta tradisi kerapan sapi,
·         Makam Pangeran Panembahan Joharsari yang merupakan salah satu Adipati Sumenep ke V yang pertama kali memeluk Agama islam di Bluto,
·         Pantai Lombang adalah pantai dengan hamparan pasir putih dan gugusan tanaman cemara udang yang tumbuh di areal tepi dan sekitar pantai. Suasananya sangat teduh dan indah sekali. Pantai Lombang adalah satu-satunya pantai di Indonesia yang ditumbuhi pohon cemara udang,
·         Pantai Slopeng adalah pantai dengan hamparan gunung pasir putih yang mengelilingi sisi pantai sepanjang hampir 6 km. Kawasan pantai ini sangat cocok untuk mancing ria karena areal lautnya kaya akan beragam jenis ikan, termasuk jenis ikan tongkol,
·         Pantai Ponjug di Pulau Talango,
·         Pantai Badur di Kecamatan Batu Putih,
·         Taman Air Kiermata di Kecamatan Saronggi,
·         Goa Jeruk Asta Tinggi,
·         Goa Kuning di Kecamatan Kangean,
·         Goa Payudan di Kecamatan Guluk-Guluk,
·         Kepulauan Kangean dan sekitarnya merupakan gugusan kepulauan Kabupaten Sumenep yang letaknya berada di wilayah ujung timur Pulau Madura. Mempunyai banyak pantai yang eksotik,
·         Wisata Taman Laut Mamburit Pulau Arjasa
·         Wisata Taman Laut Gililabak Pulau Talango
·         Pantai Pasir Putih dan Terumbu Karang Pulau Saor (Kecamatan Sapeken)
·         Ayam Bekisar, ayam bekisar adalah ayam khas Sumenep yang banyak dibudidayakan untuk peliharaan di Pulau Kangean
·         Kijang, merupakan hewan penghuni hutan di daerah Arjasa. Jenis hewan ini termasuk hewan yang dilindungi.
·         Cemara Udang, merupakan satu jenis spesies cemara yang hanya ada di Kabupaten Sumenep
·         Tirta Sumekar Indah merupakan salah satu kompleks pemandian kolam renang yang ada di Sumenep, letaknya berada di kecamatan Batuan, sebelah barat kota Sumenep. Letaknya yang strategis, dikelilingi Perkebunan Pohon Jati dan Jambu Mente serta tak jauh dari wisata kompleks pemakaman Asta Tinggi membuat pemandian ini banyak di kunjungi warga saat akhir pekan dan liburan sekolah,
·         Alun-Alun Sumenep sekarang menjadi taman Adipura, setiap harinya khususnya pada malam hari dibangian utara Alun-Alun Sumenep ini terdapat pasar malam dengan menyajikan berbagai macam kuliner dan accesories yang bisa dinikmati dengan harga yang murah.
·         Wisata kesehatan di Pulau Giliyang Kecamatan Dungkek merupakan daerah di kabupaten Sumenep yang mempunyai kandungan O2/oksigen sebesar 21,5% atau 215.000 ppm,
Kabupaten Trenggalek
·         Guo Lowo. Merupakan salah satu gua terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara.
·         Pantai Prigi. Pusat pariwisata dan perekonomian warga Kecamatan Watulimo. Terdapat tempat pelelangan ikan dan merupakan Pelabuhan Nusantara.
·         Pantai Pasir Putih. Kurang lebih 2 km dari Pantai Prigi. Terkenal karena pasirnya yang putih bersih.
·         Pantai Pelang. Pantai yang terletak di Kecamatan Panggul ini mempunyai keindahan yang luar biasa. Memiliki air terjun dan pulau kecil-kecil yang indah.
·         Larung Sembonyo. Upacara adat pesisir yang selalu menarik perhatian wisatawan asing maupun domestik. Diadakan setahun sekali di Pantai Prigi.
·         Pemandian Tapan. Terletak di Kecamatan Karangan, merupakan kolam pemandian alami yang berada di kawasan pegunungan yang airnya langsung dari sumber sehingga terjamin kebersihannya.
·         Upacara Dam Bagong. Diadakan setiap tahun sekali dengan mempersembahkan kepala kerbau untuk di larung di Kali Bagong.
·         Candi Brongkah. Merupakan candi yang berisi sejarah asal-usul Trenggalek.
·         Alun-alun Kota. Sarana rekreasi keluarga yang selalu ramai dikunjungi warga Trenggalek, terutama pada malam minggu, serta pada hari hari menjelang proklamasi kemerdekaan RI dimana di alun alun kota trenggalek diadakan bazaar dan taman hiburan rakyat yang dapat menghibur anak anak maupun orang dewasa
Kabupaten Tuban
·         Gua Akbar
·         Masjid Agung
·         Makam Sunan Bonang
·         Klenteng Kwan Sing Bio (menghadap laut dan ke Utara)
·         Ngerong Rengel
·         Pemandian dan Kolam Renang Bektiharjo (terkenal dengan banyaknya monyet disekitar situ)
·         Air Panas Prataan
·         Air Terjun Nglirip
·         Goa Suci
·         Makam Syeh Maulana Ibrahim Asmaraqandi
·         Pantai BoomTerminal Wisata Laut Tuban (Terminal Bis yang didalamnya terdapat wisata bahari
·         Kabupaten Tulungagung
·         Pantai Popoh yang terletak di Kecamatan Besuki.
·         Pantai Sidem
·         Pantai Brumbun
·         Pantai Sine
·         Pantai Molang
·         Pantai Klatak
·         Pantai Gerangan
·         Pantai Dlodo.
·         Air Terjun Lawean di Kecamatan Sendang
·         Coban Alam di Kecamatan Campurdarat
·         Gua Selomangleng di Kecamatan Boyolangu
·         Gua Pasir di Kecamatan Sumbergempol
·         Pesanggarahan Argo Wilis
·         Perkebunan Teh Penampean
·         Bendungan Wonorejo.
Kota Batu
·         Candi Songgoroto dan patung Ganesha peninggalan Kerajaan Singosari serta tempat peristirahatan yang dibangun sejak zaman Belanda.
·         Wisata gua terdapat di Cangar dan Tlekung
·         Coban Rais
·         Coban Talun
·         Songgoriti (pemandian air dingin dan panas)
·         Selecta (pemandian air dingin)
·         Cangar (pemandian air panas mengandung belerang)
·         Kusuma Agrowisata (perkebunan apel, stroberi, jambu, dan jeruk, serta tempat outbound
·         Taman Hutan Rakyat R. Soerjo (Cangar)
·         Gunung Panderman
·         Coban Rondo
·         Batu Secret Zoo (Jatim Park 2)
·         Jatim Park 1
·         Batu Night Spectacular
·         Batu Wonderland
·         Wisata udara paralayang.
·         Pasar Wisata Minggu menjual makanan khas Batu serta berbagai macam kerajinan tangan
·         Museum Satwa
Kota Blitar
·         Makam Bung Karno, tempat dimakamkannya presidan pertama sekaligus proklamator kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno. Makam ini terletak di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, sekitar 2 kilometer sebelah utara pusat kota.
·         Perpustakaan dan Museum Bung Karno merupakan perpustakaan yang selain berisi segala bentuk memorabilia Bung Karno, juga dikembangkan sebagai pusat studi terpadu. Beberapa koleksi yang ada saat ini adalah lukisan hidup Bung Karno yang dapat berdetak tepat pada bagian jantungnya, uang bergambar Bung Karno yang dapat menggulung sendiri, dan koleksi sumbangan dari Yayasan Idayu.
·         Istana Gebang atau lebih dikenal dengan sebutan Ndalem Gebang, merupakan rumah tempat tinggal orang tua Bung Karno. Istana ini bertempat di Jl. Sultan Agung 69. Di rumah ini pada setiap bulan Juni ramai didatangi pengunjung, baik dalam rangka peringatan hari ulang tahun Bung Karno maupun karena adanya kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemkot Blitar, seperti Grebeg Pancasila.
·         Petilasan Arya Blitar merupakan sebuah makam dari Adipati Arya Blitar yang terletak di Kelurahan Blitar, Kecamatan Sukorejo. Makam ini ramai dikunjungi pada bulan Sura (Muharram) dan juga setiap malam Jumat legi.
·         Monumen Supriyadi merupakan sebuah monumen untuk mengenang jasanya. Pada tahun 1945, Kota Blitar menjadi pusat pemberontakan tentara PETA yang dipimpin oleh Shodancho Suprijadi melawan tentara Jepang. Monumen ini terletak di depan bekas markas PETA dan Taman Makam Pahlawan Raden Wijaya. Selain itu, juga dibangun sebuah patung setengah dada Suprijadi yang terletak di depan Pendapa Kabupaten Blitar.
·         Kebon Rojo, yaitu taman hiburan dan rekreasi keluarga yang berada di belakang kompleks rumah dinas Walikota Blitar yang disediakan untuk masyarakat umum maupun wisatawan secara cuma-cuma. Di taman tersebut, terdapat beberapa jenis hewan peliharaan, fasilitas bermain anak-anak, tempat bersantai, panggung apresiasi seniman, air mancur, dan juga berbagai jenis tanaman langka yang berfungsi sebagai paru-paru kota.
·         Taman Air Sumberudel adalah taman air paling megah se-eks-Karesidenan Kediri. Taman air ini diresmikan kembali oleh Walikota Blitar pada tanggal 10 Oktober 2007 setelah direnovasi selama kurang lebih satu setengah tahun. Fasilitas yang dimilikinya cukup lengkap bila dibandingkan dengan taman-taman air lain di Jawa Timur.
Kota Mojokeerto
·         Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat merupakan salah satu gereja tertua di Kota Mojokerto dan merupakan peninggalan zaman Belanda
·         Masjid Agung Al-Fattah didirikan pada zaman Belanda tepatnya pada tanggal 7 Mei 1878 berada di pusat kota sebelah Barat Aloon-aloon.
·         Klenteng Hok Siang Kiong didirikan pada tahun 1995
Kota Pasuruan
·         Pemandian Alam Umbulan - terletak di arah selatan kecamatan Winongan, dengan kondisi fisik masih seperti jaman tempo doloe, Umbulan menjelma menjadi tempat pariwisata yang di penuhi dengan maling,jambret,prampok. meski dengan debit air yang sangat besar, Umbulan tampaknya belum mampu mensejahtrakan masyarakatnya.
Kota surabaya
·         Ampel (wisata religi)
·         Taman Budaya Cak Durasim
·         Kya Kya Surabaya di kawasan Kembang Jepun
·         G-Walk
·         Pantai Kenjeran
·         Taman Bungkul dan Bratang
·         Tugu Pahlawan
·         Monumen Kapal Selam
·         Museum Negeri Mpu Tantular
·         Museum House of Sampoerna
·         Monumen Mayangkara
·         Monumen Bambu Runcing
·         Monumen Jales Veva Jaya Mahe
·         Museum Nahdlatul Ulama
·         Monumen Jendral Soedirman
·         Museum 45
·         Patung Karapan Sapi
·         Monumen Bhayangkara
·         Grahadi
·         Balai Kota Surabaya
·         Balai Pemuda
·         Internatio
·         Jembatan Merah
·         Kantor Gubernur Jawa Timur
·         Monumen Kapal Selam
·         Gedung PT Artho Ageng Energi
·         Hotel Ibis Surabaya.
·         Kebun Binatang Surabaya
·         Darmo Grand
·         kolam renang manyar
·         Kolam renang Marina
·         Ciputra Water Park
·         Pasar Atom
·         Pasar Turi
·         Pasar Wonokromo
·         Pasar Tambah Rejo Baru
·         Pasar Genteng
·         Pasar Kapasan
·         Pasar Pucang
·         Pasar Blauran
·         Patung Suro dan Boyo
·         Jembatan Suramadu

Categories:

One Response so far.

Leave a Reply